4 Cara Mengubah Nama Banyak File Sekaligus di Windows 8.1

Terkadang kebutuhan untuk merubah nama file itu sangat penting sekali, terutama itu yang berhubungan dengan upload file, kalau hanya 1 file sih mudah saja, tinggal file nya di klik kanan trus pilih rename. Nah yang jadi masalah adalah kalau jumlah file nya buaaannnyyaaaakkk, bisa gempor kalau harus rename satu-mah.. 🙁

Nah, ternyata di windows ada beberapa fitur tambahan yang bisa di gunakan untuk me rename file dalam jumlah berapapun…hehe..ini beberapa di antaranya.

Windows Explorer

Windows Explorer adalah metode tercepat dan termudah yang bisa kamu pilih untuk mengubah nama banyak file. Pertama-tama, tempatkan banyak file yang akan kamu ubah namanya.

Kemudian klik file paling bawah dan tahan tombol Shift, lalu klik file paling atas. Klik kanan dan pilih rename atau tekan F2.

Beri nama pada file yang telah kamu pilih tadi, kemudian tekan Enter.

 

Command Prompt

Dengan Command Prompt kamu bisa mengubah nama file dengan perintah rename atau ren. Dengan menggunakan * kamu bisa menyamakan nama file tanpa perlu bingung dengan nama file yang berbeda-beda. Untuk membuka Command Prompt melalui folder yang berisi file, klik kanan dan Shift.

Untuk mengubah tipe file di banyak file secara sekaligus di Windows Explorer tidak mungkin dilakukan, namun dengan Command Prompt itu dapat dilakukan. Contohnya saja file tipe JPG berikut ini akan diubah ke PNG. Ketikkan perintah dibawah ini:

ren *.JPG *.PNG

Dan sekarang kamu sudah mendapatkan tipe file yang kamu inginkan.

 

PowerShell

PowerShell lebih banyak memiliki fleksibilitas untuk mengubah nama file. Hanya 2 perintah yang kamu perlukan, Dir untuk mengetahui daftar file dari folder saat ini. Dan Rename-item, untuk mengganti nama file.

Pertama-tama buka PowerShell dan arahkan ke folder yang berisi file yang ingin kamu ubah. Ketikkan:

cd “folder”

Setelah itu mari kita ubah sesuatu dari banyak file disini, misalkan saja memberi tanda _ pada jarak nama file dengan angka.

Perintah untuk itu adalah:

Dir | Rename-Item –NewName { $_.name –replace “ “,”_” }

Perintah yang menyatakan jarak kosong diganti dengan _ adalah “ ”,”_”

Sekarang kamu sudah mendapatkan nama file baru di banyak file dengan mudah.

 

Nah itu dia beberapa cara untuk merubah nama file secara masal, mangga mau di pilih yang mana yang sesuai dengan kebutuhan.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 3 =